-->

3 Tips Persiapan Mendaki Gunung yang Baik

3 Tips Persiapan Mendaki Gunung yang Baik


Kegiatan dialam bebas memang menyenangkan kita bisa melupakan sejenak rutinitas pekerjaan dan beban kehidupan sehari hari. Pergi ke gunung,hutan serta bukit bukit yang hijau bisa memanjakan diri apalagi gunung gunung di Indonesia memiliki pemandangan yang sangat indah. Maka dari itu kegiatan outdoor menjadi banyak pilihan untuk

Kegiatan outdoor yang kini sedang populer di Indonesia salah satunya adalah kegiatan mendaki gunung. Mendaki gunung sebenarnya adalah kegiatan olahraga yang terbilang extrim karena menguras banyak energy,membutuhkan kekuatan fisik dan mental,resiko bahaya yang besar, serta mempersiapkan persiapan dengan sangat matang untuk menghindari kejadian kejadian yang tidak diinginkan.

Banyak faktor penyebab kecelakaan saat mendaki gunung salah satunya kurangnya persiapan yang matang.

Untuk mengantisipasi bahaya yang bersumber pada diri sendiri,anda harus mempersiapkan segala sesuatu sebelum melakukan kegiatan pendakian.Seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan” dan ucapan pepatah itu berarti kita harus mempersiapkan diri jika nanti berada dalam kondisi buruk yang mungkin terjadi.

Berikut ini ada beberapa tips persiapan sebelum mendaki gunung yang mempunyai manfaat untuk peluang keberhasilan pendakian anda :

1. Minum air yang cukup 1 atau 2 hari sebelum jadwal keberangkatan


Penelitian sudah membuktikan bahwa dehidrasi mempunyai dampak negative pada tubuh.  Jika anda mendaki dalam keadaan dehidrasi,maka akan terjadi penurunan energy yang sangat cepat.  Minumlah setidaknya 8 gelas perhari 1 atau 2 hari sebelum mendaki dan jangan mengkonsumsi minuman keras karena akan menyebabkan dehidrasi. Pada saat pagi hari sebelum memulai keberangkatan minumlah beberapa gelas air.

2. Makan makanan bergizi seperti campuran zat protein dan karbohidrat


Saat pagi hari sebelum keberangkatan sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang memberikan kekuatan dan energy. Tidak dianjurkan konsumsi berlebihan jenis makanan dengan dengan karbohidrat sederhana seperti : Gula pasir,gula merah,sirup,coklat,permen.
Karena sifat karbohidrat sederhana ini mudah terserap dalam tubuh sehingga akan meningkatkan kadar gula dan energi yang cukup tinggi namun juga dibarengi dengan penurunan kadar gula sehingga akan menimbulkan anda cepat lelah.

Sebaiknya konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena sifatnya yang tidak mudah terurai dalam tubuh sehingga anda tidak cepat lapar dan memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti : Pisang,kacang polong,kentang,ubi jalar,apel,tomat,oat meal,kol dan tomat. Karena karbohidrat kompleks. Resep makanan yang baik yaitu makanan yang mengandung protein dengan karbohidrat seperti : wortel atau apel dengan campuran selai kacang, telur dengan roti gandum, buah buahan dengan yoghurt.

3. Melakukan Peregangan dinamis

Peregangan dinamis adalah gerakan peregangan anggota tubuh dengan cara memantul mantulkan anggota tubuh secara ritmis yang bertujuan untuk fleksibilitas dan kelenturan tubuh agar meningkatkan ruang gerak otot otot serta sendi sendi pada tubuh. 

Cobalah beberapa peregangan dinamis ini sebelum memulai pendakian :
  • -          Berdiri tegak dan angkat kaki kanan keatas setinggi tingginya seperti gerakan sedang menendang dan lakukan lah bergantian dengan kaki kiri secara berulang.
  • -          Berdiri tegak membuka kaki dan tangan dipinggang lalu putar pinggul kekiri dua kali lalu balik kearah kanan dua kali,lakukanlah secara berulang
  • -          Berdiri tegak dengan kaki kiri dibuat seperti menjintjit dan lutut agak ditekuk lalu putar kearah kiri 8 putaran lalu berganti arah ke sebelah kanan lakukan secara bergantian dengan kaki kanan.
  • -          Tubuh telengkup lalu angkat dada dan kepala keatas ulangi gerakan sampai delapan kali.
  • -          Berdiri tegak lalu kedua kaki di tekuk seperti berjongkok lalu berdiri tegak lagi ulangi sampai delapan kali.

-         Dan masih banyak lagi gerakan peregangan dinamis lainnya.

Beberapa tips di atas dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh untuk persiapan sebelum memulai pendakian. Persiapkan diri dan jalanilah pola hidup sehat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Tips Persiapan Mendaki Gunung yang Baik"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)