-->

6 TIPS DAN CARA PACKING CARRIER YANG BAIK DAN BENAR AGAR NYAMAN SAAT MENDAKI GUNUNG

6 TIPS DAN CARA PACKING CARRIER YANG BAIK DAN BENAR AGAR NYAMAN SAAT MENDAKI GUNUNG


Sebelum melakukan kegiatan dialam bebas atau ingin mendaki gunung yang biasanya memerlukan waktu berhari hari, kita harus menentukan perlengkapan dan peralatan yang akan dibawa, dan mempersiapkan logistik mana saja untuk konsumsi yang bisa dibawa dari rumah atau membelinya pada lokasi terdekat tujuan kita mendaki. Jika semua persiapan telah siap maka langkah selanjutnya kita akan mempacking semua barang barang tersebut kedalam tas gunung carrier atau backpack. Biasanya jika perencanaan waktu pendakian memakan waktu sekitar 2-3 hari maka membutuhkan tas gunung carrier 60 liter, tergantung pembagian barang bawaan dengan anggota dalam kelompok.

Packing yang baik dan benar akan memudahkan kita akan kenyamanan saat mendaki karena tidak akan cepat pegal serta tidak menyusahkan. Oleh karena itu diperlukan teknik saat mempacking barang barang bawaan untuk dimasukkan kedalam carier atau backpack dengan benar. Sebelum anda mulai mempacking barang kedalam carrier periksa dan cocokkan kembali kelengkapan barang dengan daftar yang anda buat sebelumnya untuk mencegah tertinggalnya barang dirumah. Maka dari itu artikel ini akan menjelaskan 6 Tips dan cara packing carrier yang baik dan benar agar nyaman saat mendaki gunung sebagai berikut :
·         
  1.     Pada saat packing taruhlah beban berat kedalam carrier yang bertepatan dengan sisi pundak,kenapa beban berat harus bertepatan dengan sisi pundak, ini dilakukan karena dalam perjalanan misalnya mendaki gunung kedua kaki harus dalam keadaan bebas bergerak tanpa beban, jika anda salah saat mempacking barang dan berat ditumpukan pada pinggul akibatnya kaki tidak dapat bebas bergerak yang  terganggu oleh berat pada pinggul dan menjadi cepat lelah karena pinggul belakang tertekan. Taruhlah persediaan air untuk keperluan memasak berada didalam tas carrier dan letakkan diatas karena pasokan air ini bukan diperuntukkan untuk meminum. Perhatian : Taruh beban barang yang berat pada bagian teratas carrier dan bertepatan dengan sisi pundak.
  2. ·        Seimbangkan berat tas carrier antara bagian kiri dan kanan pundak tujuannya agar tidak memberatkan salah satu bagian pundak dan memudahkan anda menjaga keseimbangan saat berjalan dan menghadapi jalur berbahaya yang membutuhkan keseimbangan tubuh. Seperti : melewati bibir jurang, melintasi batu batu licin sungai/air terjun dan jembatan dari batang kayu.
  3.       Kelompokan barang yang sesuai kegunaannya lalu tempatkan kedalam suatu wadah kantung untuk mempermudah menemukan barang sesuai dengan kelompokannya secara terpisah, seperti : semua obat obatan ditaruh kedalam satu kantung plastik, pakaian dimasukkan kedalam satu kantung plastik, dan sebagainya .
  4. ·          Taruh barang yang sering digunakan pada bagian tas carrier yang mudah dicapai jika ingin digunakan, misalnya : jas hujan/ponco letakkan pada kantung samping tas carrier, jaket letakkan pada bagian dalam atas tas carrier jika belum ingin digunakan.
  5. ·         Maksimalkan ruang yang ada pada tas carrier bertujuan agar barang barang tidak ada yang diluar dan kenyamanan saat membawanya. Misalnya peralatan masak seperti Nesting (panci serbaguna) jangan dibiarkan bagian isi dalamnya kosong, anda dapat mengisi Nesting tersebut dengan bahan makanan seperti : beras, telur, gula, garam dan sebagainya yang memungkinkan mengisi ruang Nesting tersebut.
  6. ·         Jangan menaruh atau menggantungkan barang - barang diluar tas carrier karena nanti akan menggangu anda saat perjalanan seperti tersangkut sangkut pada ranting dan batang pohon dan akan packing anda akan terlihat berantakan. usahakan semua barang masuk kedalam tas carrier.
Tentang berat maksimal yang dapat dibawa umumnya adalah dengan patokan 1:3 dari berat badan anda, namun kembali lagi pada kemampuan anda karena kondisi fisik setiap orang berbeda beda. Seharusnya anda tidak memaksakan diri dengan membawa beban yang tidak sesuai kemampuan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 TIPS DAN CARA PACKING CARRIER YANG BAIK DAN BENAR AGAR NYAMAN SAAT MENDAKI GUNUNG"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)