-->

HIH Seram! Begini caranya BAB Di Gunung Agar Tidak Diganggu Jin



Dalam kegiatan pendakian gunung terdapat peraturan dan etika yang harus dipatuhi para pendaki. Sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran, kita harus beradab dan ber-etika jika ingin melakukan segala sesuatu termasuk melakukan buang air besar di gunung.  Perlu diperhatikan juga cara buang air digunung agar tidak mengganggu pendaki lain dan tidak mengganggu “mahluk lain”.

Perlu diketahui yang menghuni kehidupan di dunia ini tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan tetapi ada juga mahluk yang tidak terlihat ciptaan ALLAH seperti bangsa jin.  Bangsa jin juga seperti manusia ada yang baik ada juga yang jahat, ada yang beragama dan ada yang tidak, terdapat dalam Al- Quran dan Hadist sahih yang menyebutkan hal ini. Banyak bangsa jin bertempat tinggal seperti dihutan, pegunungan, lembah, lautan, pulau, gua, gurun oleh karna itu kita sebagai pendak harus beretika agar mereka tidak terganggu.

Ketika kita sedang mendaki gunung dan ingin buang hajat seperti buang air besar  atau buang air kecil, maka kita harus melakukan dengan cara yang sopan dan beretika, karena gunung merupakan tempat yang asing pada kehidupan sehari hari . Diantaranya dengan melakukan cara Buang Air di gunung sebagai berikut :

Membawa Tisu basah Dan tisu kering

Kegunaan tisu basah dan tisu kering selain berfungsi untuk membersihkan peralatan memasak, tisu juga berfungsi untuk membersihkan diri seusai buang hajat untuk pengganti air.
Jangan tinggalkan sampah apapun digunung, bawa kembali sampah tisu anda bersama sampah lainnya.

Mencari tempat yang aman

Ketika ingin buang hajat seperti Bab atau baung air kecil perhatikan lokasi sekitar anda cari semak semak yang tidak dilewati pendaki lain. Hindari tempat tempat berbahaya seperti jurang yang curam atau dekat dengan jalur pendakian. Hindari juga buang hajat di sumber air karena kotoran tersebut akan mencemari karena air adalah sumber kehidupan,dan juga jangan ditempat tempat yang dikeramatkan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

 Cari tempat yang aman jangan terlalu dekat dengan jalur pendakian dan dari jangkauan pandangan orang lain. Bertujuan agar kenyamanan anda saat buang hajat dari pendaki yang lewat, dan juga tidak mengganggu kenyamanan karena kotoran tersebut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan di khawatirkan akan terinjak pendaki lain.

Membuat Lubang sendiri

membuat lubang dengan menggali tanah sendiri untuk tempat Bab/buang air kecil dengan kedalaman kurang lebih 10cm dengan lebar yang ingin anda sesuaikan.

Hindarilah Bab/buang air kecil di lubang atau celah celah tanah yang sudah ada disitu karena di khawatirkan lubang atau celah celah itu tempat tinggal jin.
Rasulullah Shallalohu’alaihi Wasallam bersabda : “ Jangan sampai salah seorang diantara kalian kencing dilubang…” 

Mereka berkata kepada Qotadah : “ Apa yang mengakibatkan  dibencinya kencing dilubang?” 
Dia berkata : “ Disebutkan bahwa itu adalah rumahnya jin “. (HR.Ahmad, Abu Daud, Hakim)


Membaca Doa

Membaca Doa kepada merupakan hal yang paling penting sebelum buang hajat untuk  meminta perlindungan kepada ALLAH SWT Dari gangguan setan jahat dari bangsa jin. Saya sendiri membaca doa ketika memasuki kamar kecil dengan membaca doa 
اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَا إِثِ
“ Alloohumma  innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khobaaits “ artinya : Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kotoran

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "HIH Seram! Begini caranya BAB Di Gunung Agar Tidak Diganggu Jin"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)