-->

Cara Mencegah Serta Mengatasi Pacet dan Lintah


Cara Mencegah Serta Mengatasi Pacet dan Lintah


Apa yang ada dibenak anda tentang lintah dan pacet? Menghisap darah, geli sebagainya. Saat kita berada di alam seperti hutan dan gunung, bisa saja kita menemui atau dirayapinya. Oleh karena itu diperlukan Cara mencegah serta mengatasi pacet dan lintah.


Lalu hewan apa sih mereka ini? Sebenarnya kedua jenis hewan ini memiliki kesamaan yaitu hewan sejenis cacing bersifat karnifora yang hidup dengan menghisap darah. Pacet dan lintah biasa menghisap darah hewan seperti siput, serangga dan makhluk hidup lainnya.

Walau hidupnya menghisap darah yang terkesan bersifat parasit. Lintah dan pacet ini juga mempunyai manfaat atau kegunaan dalam bidang kedokteran. Yaitu untuk mengatasi darah yang tersumbat dan menghilangkan darah kotor.

Sebenarnya lintah dan pacet ini berbeda. Lintah biasa hidup ditempat yang berair sedangkan pacet biasa hidup menempel di batang pohon dan dedaunan yang lembab.
Dari segi bentuk, lintah berukuran lebih besar dibanding pacet. Lintah berbentuk lebih gemuk sedangkan pacet bisa memanjang serta terdapat kedua mulut pada kedua ujung tubuhnya. Pacet juga bisa menekuk tubuhnya pada saat ia berjalan.

Sebenarnya hewan ini aga sulit dihindari karena bertubuh kecil dan mereka suka berada ditempat tempat terduga. Namun expedisi gunung akan membahas cara mencegah serta mengatasi pacet dan lintah digunung untuk meminimalisir lintah dan pacet hinggap ditubuh pada saat mendaki.

  •  Pakai lotion anti nyamuk kesekujur tubuh


Lotion nyamuk terbukti ampuh untuk mencegah lintah atau pacet hinggap. Mereka tidak akan berani menempel pada kulit yang telah diolesi lotion anti nyamuk. Namun lotion anti nyamuk juga hanya bisa mencegah beberapa saat saja. Pada saat tubuh berkeringat, perlahan lapisan lotion anti nyamuk lama kelamaan akan memudar.

  • Tidak bersandar pada pepohonan atau dedaunan


Batang batang pepohonan serta dedaunan ditanah serta tempat yang lembab bisa jadi media lintah dan pacet tinggal. Sebaiknya jika anda tidak mau dirayapi hewan tersebut, hindari beristirahat atau bersandar seperti itu. Jika tempatnya memang lembab,pada saat beristirahat atau berhenti sebaiknya tidak berlama lama.
  •          Hindari mendaki pada saat musim hujan

Saat musim hujan,hutan dan trek gunung akan basah dan lembab. Hal itu yang disukai lintah dan pacet dan akan banyak muncul dan keluar dari tempatnya. Trek pada saat musim hujan juga lebih beresiko, sebaiknya anda memilih waktu yang tepat saat ingin mendaki seperti cuaca yang sedang baik.

  •  Pakai pakaian tertutup

Pakaian tertutup akan meminimalisir pacet merayap langsung pada kulit kita. Seperti memakai celana panjang yang ketat. Memakai kaus kaki panjang serta sepatu gunung tipe high boot pada saat mendaki dan sebaiknya anda memakai gaiter. Memakai baju lengan panjang dan dimasukkan kedalam celana, serta topi untuk menutupi kepala.
  •          Perhatikan sumber air

Pada saat pendakian kita seringkali menemukan sumber air disepanjang trek untuk diminum atau sekedar mencuci muka. Sebaiknya anda perhatikan air tersebut jangan sampai lintah dan pacet masuk kedalam tubuh anda.
  •          Cek keadaan tubuh anda

Untuk point ini sering saya lakukan hehe karena takut dihinggapi mereka. Dengan pengecekan tubuh, anda bisa langsung melakukan penanganan jika memang lintah dan pacet di tubuh. Pengecekan tubuh bisa anda lakukan pada saat anda beristirahat.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi pacet dan lintah yang sudah menempel pada kulit kita?
  •          Pakai air tembakau

Tembakau bisa mengusir lintah dan pacet dengan cara dibasahi dengan air,lalu diperas airnya lalu arahkan ke lintah dan pacet. Atau bisa juga sediakan botol spray kecil yang berisi air tembakau agar praktis saat digunakan.

Baca juga : Simpel dan mudah! Inilah 8 daftar makanan yang perlu dibawa untuk mendaki gunung
  •         Pakai garam

Garam memang terkenal ampuh untuk mengatasi lintah dan pacet. Namun jika kita memakai garam lintah dan pacet akan mati karena tubuh nya tidak kuat dengan garam.
  •          Pakai minyak

Oleskan minyak seperti, minyak kayuputih, minyak urut dan sebagainya akan mengusir hewan tersebut. Karena mereka tidak kuat dengan bau bauan yang menyengat seperti halnya tembakau.
  •         Dicopot langsung

Dicopot langsung bisa memakai tangan atau dicungkil bisa melepaskan dari hewat tersebut. Tetapi kulit kita akan berdarah karena sobek dari gigi giginya yang menempel. Darah akan keluar terus bisa selama satu jam. Sebaiknya anda siapkan betadin untuk membasuh luka agar tidak mengalami infeksi, lalu ditutupi dengan plaster.

Itulah beberapa cara untuk mencegah serta mengatasi pacet dan lintah saat anda sedang mendaki gunung atau berkegiatan dihutan. Sekian dan terimakasih








  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mencegah Serta Mengatasi Pacet dan Lintah"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)