-->

Peralatan P3k Dan Kegunaanya Serta Obat-Obatan Untuk mendaki Gunung


Peralatan P3k Dan Kegunaanya Serta Obat-Obatan Untuk mendaki Gunung


Aktifitas mendaki gunung termasuk olahraga berat yang membutuhkan fisik dan kesehatan prima. Mendaki gunung juga termasuk salah satu olah raga ekstrim. Oleh karena itu jika kamu ingin mendaki gunung harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik.

Walaupun kondisi sebelum mendaki merasa sehat dan baik baik saja, membawa peralatan P3k serta obat-obatan tetap wajib dibawa. Faktor kesehatan mempunyai peran penting dalam keselamatan dalam pendakian. Tak jarang faktor udara dinginnya gunung, cidera, kelelahan membuat tubuhmu terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu obat obatan dan peralatan P3K sangat penting dibawa dalam perjalanan atau pendakian. Obat obatan dan peralatan P3k berfungsi untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita sakit atau penanganan medis dasar pada yang mengalami cidera.

Lalu obat obatan peralatan P3K apasaja yang perlu dibawa untuk mendaki gunung? Berikut Peralatan P3k Dan Kegunaanya Serta Obat-Obatan Untuk mendaki Gunung :

      1.       Obat batuk

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Dalam kehidupan sehari hari diberbagai wilayah, kita sudah terbiasa pada cuaca yang relatif panas. Obat batuk seperti : Obat batuk hitam(OBH), dll.

      2.       Obat sakit kepala dan flu

Udara dingin di gunung bisa mengikis daya tahan tubuh kita. Akibat daya tahan tubuh yang lemah sering kali akan menyebabkan pusing kepala serta flu. Untuk menanggulanginya, bawalah  Obat sakit kepala serta flu yang biasa anda minum saat sakit. Obat sakit kepala dan flu bisa seperti : dekolgen, Panadol, paramex, dll.

      3.       Obat diare

Saat berada di alam terbuka seperti di hutan atau digunung, untuk beberapa orang rasa mules  tentu hal yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, saat berada di gunung tentunya harus menggali lubang untuk bab. Apalagi sakit perut yang tidak bersahabat membuat anda ingin sering bab, pasti akan sangat merepotkan. Sakit perut bisa terjadi karena beberapa faktor,misalnya salah makan, makanan yang tidak bersih, sakit dan sebagainya. Untuk menanganinya, bawalah obat diare untuk meredakan sakit perutmu. Obat diare bisa seperti : Diapet, entrostop, dll
  
      4.       Antiseptik

Antiseptik berfungsi untuk membunuh bakteri dan membersihkan luka. Antiseptik digunakan untuk membersihkan luka luar seperti, memar, luka iris, lecet, luka bakar ringan. Seperti Alk0hol 70-90%, rivanol.

      5.       Alk0hol 70-90% atau Rivanol

Alk0hol dan rivanol merupakanan dua jenis antiseptic. Keduanya digunakan untuk mencuci dan membersihkan luka jika mengalama cidera.
  
      6.       Perban elastis

Perban elastis merupakan salah satu jenis perban gulung, mempunyai kelebihan dapat menyesuaikan dengan bentuk bagian tubuh. Bersifat lentur, perban elastis digunakan untuk menyangga cidera, menutup luka dan mengurangi sakit akibat pembengkakan.

      7.       Kasa steril

Berfungsi untuk menutup luka agar tidak terkena kotoran ataupun kuman yang akan menyebabkan infeksi.

      8.       Kasa gulung

      9.       Obat tetes mata anti iritasi

Digunung seperti trek berpasir bisa saja debu debu masuk kemata kita, sehingga menyebabkan kelilipan dan mata merah. Obat tetes mata ini dapat digunakan untuk mencegah iritasi. Bacalah dosis pemakaian pada label produk. Apabila anda memakai lensa kontak harap konsultasikan ke dokter atau apotik. Obat tetes mata bisa seperti rohto cool, insto.

      10.   Oralit

Oralit berfungsi untuk mengatasi kekurangan mineral dan elektrolit pada tubuh akibat dehidrasi karena diare. Oralit tidak dapat digunakan untuk mengatasi diare, melainkan hanya menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare. Oralit biasanya berbentuk bubuk yang dilarutkan pada air. Oralit dapat dibeli di apotik

      11.   Plester

      12.   Obat Paracetamol dan ibuprofen

Paracetamol dan ibuprofen merupakan obat untuk meredakan nyeri serta demam dan sakit kepala. Obatnya seperti  Panadol extend, paramex nyeri otot, neo rheumacyl oralinu, dll.

      13.   Krim nyeri otot

Untuk krim Pereda nyeri otot bisa seperti Hot in Cream, counterpain, dll. Sebaiknya jangan memilih balsam saat mendaki gunung, biasa setelah memakai balsam tubuh malah akan merasa dingin.
      
      14.   Minyak kayu putih

Minyak kayu putih mempunyai banyak manfaat yang berguna untuk dibawa mendaki gunung. Beberapa manfaatnya seperti : Meredakan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, menghilangkan nyeri persendian, melindungi dari serangga.

16.  Jamu anti masuk angin

Jamu anti masuk angin termasuk obat obatan herbal yang berbentuk cair dalam kemasan saset. Berfungsi untuk mengatasi dan meredakan sakit perut, pusing, kembung, kedinginan. Jamu anti masuk angin contohnya seperti : Tolak angin, Antangin, Bintang toedjoe masuk angin.
      
      15.   Gunting

Itulah beberapa Peralatan P3k Dan Kegunaanya Serta Obat-Obatan Untuk mendaki Gunung. Kamu bisa membelinya di apotik, untuk dosis obat dapat dilihat dilabel atau dikonsultasikan kedokter. Kan jadi aman dan tenang mendakinya kalau persiapannya sudah baik. Keep safety, salam lestari.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peralatan P3k Dan Kegunaanya Serta Obat-Obatan Untuk mendaki Gunung"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)