-->

6 Cara Terbaik Menentukan Ukuran Tas Carrier yang Tepat untuk Mendaki Gunung


6 Cara Terbaik Menentukan Ukuran Tas Carrier yang Tepat untuk Mendaki Gunung

Sumber pixabay
Dalam mendaki gunung diperlukan persiapan yang matang. Salah satunya dalam Pemilihan tas carrier yang akan dibawa untuk mendaki gunung. Tas carrier sangat penting untuk membawa segala perlengkapanmu. Tetapi, tidak sembarang ransel yang bisa digunakan untuk mendaki gunung.

Dalam memilih tas carrier terdapat ukuran ukuran yang ditandai dalam satuan liter. Berikut cara menentukan tas carrier yang tepat untuk mendaki gunung.

1. Tentukan lamanya pendakian

Langkah pertama adalah menentukan lamanya pendakian. Dengan menentukan lamanya pendakian, kita bisa memperkirakan peralatan, serta logistik yang akan dibawa sesuai dengan lamanya pendakian. Semakin lama waktu pendakian, semakin besar juga ukuran tas yang akan dipakai.

Untuk pendakian 1-2 hari kamu bisa menggunakan ukuran ransel 20-35 liter. Ukuran tas carrier untuk pendakian 3 hari sampai dengan 5 hari sekitar 40-75 liter. Selebihnya untuk pendakian diatas 6 hari dibutuhkan tas carrier diatas 75 liter.

2. Siapkan peralatan yang akan dibawa saat mendaki
Untuk mengetahui ukuran tas carrier yang kedua adalah dengan cara menyiapkan peralatan yang akan dibawa untuk mendaki gunung. Biasanya peralatan dan logistik yang dibawa sesuai dengan lamanya pendakian. Jika peralatan yang kita bawa banyak, maka semakin besar juga ukuran tas carrier yang akan digunakan.

Peralatan yang bersifat ultra light juga akan meringkas bobot peralatan. Ultra light merupakan tekhnik mendaki gunung dengan membawa gear gear pendakian yang lebih ringkas dan berat yang ringan. Bisanya gear gear ultra light berukuran lebih kecil dan lebih enteng. Oleh karena itu akan berpengaruh terhadap tas carrier yang akan digunakan.

3. Membagi beban peralatan kelompok

Jika kamu mendaki gunung dilakukan secara berkelompok. Maka pembagian beban peralatan serta logistik kelompok perlu dilakukan. Hal itu bertujuan agar beban dibagi secara merata. Tentunya akan berpengaruh juga terhadap pemilihan ukuran tas carrier.

Pembagian peralatan kelompok seperti : tenda kelompok, logistik, peralatan memasak. Jika kamu kebagian yang membawa tenda, maka tidak cocok jika kamu membawa ukuran tas carrier 20-35 liter. Sebaiknya gunakan tas carrier diatas 20-35 liter untuk membawa tenda.

4. Perhatikan berat badanmu

Dalam memilih tas carrier yang tepat juga berpengaruh dengan berat badanmu. Idealnya seseorang dapat menampung berat maksimal sepertiga dari berat tubuhnya sendiri. Lebih dari itu, beban yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa cidera dan membahayakan.

Banyak orang yang memaksakan membawa beban berlebih, akibatnya tenaga cepat terkuras bahkan sampai mengalami cidera. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam membawa beban untuk kelesamatan diri.

5. Pakai jasa porter atau tidak?

Jasa porter sudah banyak di gunung gunung saat ini. Jika kamu gamau terlalu berat dalam membawa beban tas carrier. Kamu dapat menyewa jasa porter. Tentu saja barang barangmu akan dibawakan oleh sang porter. Paling kamu hanya akan membawa tas daypack untuk peralatan pribadi serta makanan. Dengan begitu kamu akan menjadi team ngacir hehe.

6. Perhatikan gunung yang akan didaki

Satu lagi nih, kamu harus mencari tahu kondisi jalur gunung yang akan didaki. Biasanya terdapat gunung yang jarang/ bahkan tidak ada mata airnya. Maka tentunya kamu harus menyiapkan cadangan air yang banyak untuk dibawa. Karena air akan membutuhkan space yang lumayan pada tas carriermu.

Jadi dalam memilih ukuran tas carrier terdapat beberapa faktor faktor yang saling berkaitan. Jangan terlalu membawa beban yang berlebihan, karena akan beresiko cidera dan membahayakan. Begitu juga, jangan membawa peralatan dan logistik yang minim, karena mendaki gunung bukanlah hal yang main main. Diperlukan persiapan yang matang dan keep safety guys.


  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Terbaik Menentukan Ukuran Tas Carrier yang Tepat untuk Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)