-->

Lagi Hitz! Gerakan Mudik Asik tanpa Sampah Plastik


Lagi Hitz! Gerakan Mudik Asik tanpa Sampah Plastik
Di Indonesia mudik merupakan suatu tradisi tahunan yang terjadi pada saat hari raya besar seperti lebaran. Bagi yang sedang bekerja atau diperantauan, mudik adalah kegiatan pulang ke kampung halamannya. Namun ada yang berbeda pada mudik tahun ini. Pemerintah menyuarakan “mudik tanpa plastik” lewat Kementrian Komunikasi dan Informatika (kominfo) dengan hastag #MudikAsikTanpaSampahPlastik #IndonesiaBersihSampah. Sebenarnya sosialisasi ini sudah berlangsung dari tahun ke tahun yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa sampah memiliki nilai ekonomi. Bank sampah ikut serta berkontribusi mengurangi 1.389.522 ton per tahun.

Sekedar Informasi, jenis jenis sampah seperti: sampah sisa makanan kita menduduki urutan pertama dengan presentasi 49% dalam komposisi sampah di Indonesia tahun 2018, Lalu sampah plastik (15%). Mudik asik tanpa plastik merupakan suatu gerakan peduli lingkungan dengan mudik  tanpa menggunakan plastik saat perjalanan mudik. Jadi gak Cuma dapet silaturahmi saat mudik nih gaes, kita juga turut berpartisipasi menjaga lingkungan. Woow berfaedah banget kan?
Baca juga : Pentingnya manajemen perjalanan saat mendaki gunung
Mudik tanpa plastik sebagai langkah mudik ramah lingkungan bisa kita lakukan dari hal hal kecil selama perjalanan mudik kita. Lalu apa aja sih yang bisa kita lakukan agar mudik kita asik tanpa plastik? Yuk simak tips tips Mudik asik tanpa plastik berikut sebagai partisipasi kita dalam mengikuti gerakan ramah lingkungan tersebut, cekidot:

Membawa bekal makanan sendiri

Jika kalian mudik dengan perjalanan jauh persiapkan bekal makanan dari rumah. Membawa Bekal makanan dari rumah untuk diperjalanan juga terjamin higienis dan bersih. Selain itu, membawa bekal dari rumah juga bisa menghemat ongkos perjalanan mudik lhoo. Jadi gak perlu beli di tempat tempat makan dan bisa mengurangi sampah kemasan makanan karena memakai wadah tempat makan yang bisa dipakai lagi.

Ohiyaa, jangan terlalu banyak membawa bekal makanan agar tidak terbuang dan menjadi sampah. Sebaiknya Bawa secukupnya saja supaya termakan habis dan tidak menjadi sampah.

Membawa tumbler minum

Jenis minuman kemasan berbotol banyak dipasaran beraneka ragam. Namun, penggunaan minuman kemasan berdampak pada sampah yang dihasilkan semakin banyak. Oleh karena itu, bawalah tempat minum/tumbler dari rumah untuk air minum. Agar mudik mengurangi sampah dari kemasan sisa air minum. Tumbler mempunyai sifat ramah lingkungan karena bisa dipakai ulang dan sama seperti poin pertama, bisa menghemat ongkos pengeluaran mudik juga kann hehe.  

Menyediakan tempat sampah

Bagi yang mudik dengan mengendarai mobil pribadi, sediakanlah tempat sampah di kendaraan kamu. Tempat sampah dikendaraan berguna untuk menampung sampah sementara. Jika sudah sampai tujuan mudik barulah kita bisa membuangnya. Tempat sampah dimobil juga untuk mencegah sampah tercecer dijalanan atau di dalam mobil kamu.

Tidak menggunakan sedotan plastik

Walaupun bentuknya kecil, minum dengan sedotan plastik juga dapat menambah sampah plastik. Saat ini sudah tersedia sedotan dari alumunium yang bisa dipakai ulang, sehingga ramah lingkungan. Jika tidak mempunyai sedotan alumunium sebaiknya minum tidak usah dengan sedotan plastik. Walaupun kecil, tetapi bisa mengurangi sampah plastik.

Mengurangi penggunaan kantong plastik

Biasanya saat berbelanja, kita akan mendapatkan kantung plastik untuk wadah belanjaan yang kita beli. Sebaiknya kita membawa tas sendiri, untuk menampung barang bawaan belanjaan dengan tidak menggunakan kantung plastik. Dengan membawa tas kita telah berupaya mengurangi penggunaan kantung plastik.

Membuang sampah pada tempatnya

Saat di perjalanan mudik buanglah sampah pada tempatnya. Atau jika mudaik membawa kendaraan pribadi sediakan tempat sampah. Jangan lupa juga memilah sampah sesuai dengan kategorinya kedalam tempat sampah.

Nahh udah pada siap kan buat mudik asik tanpa plastik? Intinya gerakan mudik tanpa plastik adalah kegiatan tanpa sampah plastik. Selain ramah lingkungan, kegiatan mudik asik tanpa plastik juga bisa menghemat pengeluaran dan terjaga karena higienis makanan dengan cara membawa bekal dari rumah yang sudah pasti bersih dan sehat.  Selamat mudik, selamat idul fitri 1440 hijriah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lagi Hitz! Gerakan Mudik Asik tanpa Sampah Plastik "

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)