-->

Seperti Inilah Tugas Leader, Sweeper dan Navigator dalam Kelompok Pendakian


Seperti Inilah Tugas Leader, Sweeper dan Navigator dalam Kelompok Pendakian

sumber gambar : Pixabay
Dalam sebuah kelompok yang ingin melakukan pendakian, biasanya beranggotakan 3 orang atau lebih. Didalam kelompok, masing masing orang mempunyai peran masing masing untuk saling menjaga dan menunjang keberhasilan dalam pendakian.

Sudah pernah dengar istilah leader, sweeper, navigator dalam kelompok pendakian? Bagi kalian yang belum pernah atau baru ingin mencoba mendaki gunung mungkin akan asing dengan istilah tersebut. Leader, sweeper, navigator merupakan peran yang akan dilakukan dalam kelompok pendakian.

Leader

Dalam kelompok pendakian perlu menunjuk satu orang yang akan menjadi leader dalam kelompok. Leader atau kepala kelompok akan bertugas untuk memimpin perjalan pada saat pendakian. Tugas yang diemban sebagai leader cukup berat nih sob. Pendakian gunung mempunyai banyak bahaya dan resiko, oleh karena itu leader harus memastikan keselamatan tiap anggotanya.

Untuk itu menunjuk seorang menjadi leader seseorang harus mempunyai jiwa kepemimpinan dan yang mampu memberi semangat kelompoknya. Bayangin aja jika yang menjadi leader orangnya cuek, labil dan malas malasan tentu akan berpengaruh buruk didalam kelompok. Tentu kalian tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan bukan? Lalu apasaja tugas leader?

      ·         Memimpin kelompok
Leader akan berjalan dipaling depan dan menjadi komando dalam kelomponya.
      ·         Memastikan seluruh kelompoknya pulang dengan selamat
Banyak yang bilang pulang kerumah dengan selamat adalah tujuan utama dalam mendaki gunung. Saya setuju, oleh karena itu leader yang memimpin dalam kelompok harus bisa memastikan seluruh kelompoknya aman dan selamat. Jangan mementingkan ego sendiri, lebih baik selamat dari pada memaksakan kehendak.
     ·         Membuat peraturan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh diperbuat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
      ·         Pengambil keputusan
Salah satu tugas leader adalah pengambil keputusan. Contohnya adalah, leader akan menentukan dimana lokasi mendirikan tenda,waktu istiraihat, membatalkan atau melanjutkan perjalanan jika suatu saat menemukan berbagai masalah dan sebagainya.
      ·         Membuat kerja sama yang kompak dalam kelompok
Salah satu kunci kelancaran dalam pendakian adalah kerja sama didalam kelompok. Seperti dalam membagi beban kepada masing masing.

Navigator

Navigator merupakan seseorang yang menguasai ilmu navigasi dan bertugas menjadi penunjuk jalan. Pada dasarnya seorang yang menjadi navigator mempunyai pengetahuan dan pengalaman dengan medan yang akan dilalui. Navigator bisa juga dibilang guide dalam tim.

Orang yang menjadi navigator biasanya merupakan masyarakat sekitar, petugas gunung setempat atau orang yang mengetahui medan. Beberapa tugas navigator diantaranya sebagai berikut :
·         Sebagai penunjuk jalan dalam tim.
·   Berkoordinasi dengan leader untuk memutuskan sebuah keputusan. Misalkan memberikan rekomendasi tempat camp yang aman kepada leader.
·     memberikan informasi tentang medan yang akan dilalui contohnya memberi informasi lokasi sumber air.


Sweeper

Sweeper merupakan seseorang yang bertugas sebagai “penyapu bersih“ dalam kelompok pendakian. Posisi seseorang yang menjadi sweeper berada paling belakang dalam kelompok. Menjadi seorang sweeper diperlukan fisik yang kuat karena akan mengcover anggota kelompok. Tugas tugas seorang yang menjadi sweeper dalam kelompok adalah :

·         Mengawasi semua anggota kelompok jangan sampai ada yang tertinggal dibelakang.
·      Berkoordinasi kepada leader jika mendapati anggota kelompok yang kelelahan untuk meminta rehat sejenak.
·         Memastikan tidak ada barang kelompok yang tertinggal atau tercecer dijalur
·         Mengcover anggota kelompok.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai tugas tugas leader, navigator, sweeper didalam kelompok pendakian. Dalam kelompok pendakian diperlukan saling kerjasama untuk mencapai tujuan bersama serta keselamatan kelompok. Selalu perhatikan keselamamatan dalam pendakian dan persiapkan diri serta kelompok kalian. Kalau kalian sering jadi apanih dalam kelompok pendakian?




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seperti Inilah Tugas Leader, Sweeper dan Navigator dalam Kelompok Pendakian "

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)