-->

Inilah Daftar 14 Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Inilah Daftar 14 Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung



Kegiatan mendaki gunung sekarang ini telah menjadi populer di Indonesia. Dalam sebuah pendakian banyak yang harus dipersiapkan contohnya adalah Persiapan fisik, Manajemen perjalanan dan Perlengkapan saat mendaki gunung. Namun Banyak orang yang kebingungan dengan apa saja perlengkapan dan peralatan pendakian yang harus dibawa saat mendaki gunung, maka dari itu dalam aritikel ini akan dibahas tentang perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung. Simak dan catatlah daftar perlengkapan naik gunung sebagai berikut ya:

1. Sepatu gunung/trekking


Dalam mendaki perlengkapan yang sangat penting adalah sepatu, karena sepatu adalah perlengkapan utama yang berguna untuk melindungi kaki dalam perjalanan. Pilihlah sepatu yang diperuntukkan kegunaannya untuk trekking karena tangguh dan kuat untuk berkegiatan outdoor. Disarankan memakai sepatu dengan satu ukuran lebih besar dari kaki kalau tidak mau kaki anda terluka/lecet karena sepatu yang kesempitan. Pastikan sepatu yang anda gunakan sudah anti air atau waterproof agar air tidak mudah tembus jika hujan datang yang dapat menyebabkan kaki kedinginan.


2. Ransel/Tas gunung

Ransel atau tas gunung digunakan untuk membawa peralatan dan logistik pendakian. Tas gunung untuk pendakian ada 3 jenis yaitu Daypack, Semi carrier, dan carrier. Pilihlah tas gunung sesuai dengan kebutuhan, dan sesuaikan pembagian barang bawaan dengan teman kolompok.

3. Jaket

Pemilihan jaket untuk mendaki gunung adalah dengan Spesifikasi jaket yang anti air(waterproof) dan anti angin (windproof). Sekedar tips pemilihan jaket sebaiknya yang memiliki lapisan dalam polar agar tubuh anda tetap hangat.

4. Pakaian
·         
      Pakaian yang dibawa disesuaikan dengan kondisi tujuan perjalanan yang dapat melindungi tubuh kita dari kondisi lingkungan, contohnya : udara, suhu dan lingkungan sekitar. Sebaiknya memilih pakaian yang mempunyai sifat cepat kering (dry fit) untuk menjaga tubuhmu tetap kering dari keringat, karena keringat bisa membuat suhu tubuh menurun dan merupakan salah satu faktor penyebab hipotermia. Sebaikanya membawa pakaian dengan lengan panjang dan celana panjang untuk melindungi tubuh dari ranting duri tajam dan lintah. Bawalah 2 pasang pakaian untuk  ganti apabila pakaian yang anda kenakan basah nanti. Lalu bawalah juga
  • ·         Sarung tangan untuk menjaga tangan tetap hangat
  • ·         Kaus kaki 2 pasang
  • ·         shyal/slayer yang berguna untuk melindungi tubuh dari debu
  • ·         topi/buff untuk melindungi dari teriknya siang hari

5. Jas hujan

Dalam kondisi apapun jas hujan wajib dibawa untuk mengantisipasi jika hujan datang dan melindungi tubuh dari air serta ransel agar tetap kering.

6. Sleeping Bag/Kantung tidur

Sleeping bag merupakan salah satu peralatan penting untuk menjaga suhu tubuh saat kita tidur didalam tenda. Sleeping bag juga berguna jika dalam kondisi darurat misalnya teman anda mengalami penurunan suhu tubuh atau biasa disebut hipotermia. Bahan pelapis sleeping bag ada bermacam macam tetapi saya sendiri memakai bahan pelapis polar. Sekedar tips pilihlah ukuran sleeping bag yang sesuai dengan ukuran tubuh agar nyaman saat digunakan.

7. Tenda

Untuk berkegiatan di alam terbuka kita memerlukan tenda sebagai “rumahnya” para pendaki  untuk tempat berlindung dari kondisi lingkungan dan cuaca. Tenda sendiri mempunyai berbagai jenis, ukuran dan material yang mempengaruhi berat. Sesuaikan ukuran tenda dengan jumlah orang dalam kelompok dan jangan lupa membawa flysheet sebagai lapisan teratas tenda atau sebagai tempat berteduh.

8. Matras

Matras berguna sebagai lapisan untuk melapisi tenda dan sleepingbag, untuk melindungi suhu tubuh dari lembabnya tanah dan hawa basah.

9. Logistik
Logistik merupakan bekal perjalanan yang sangat penting sebagai bahan makanan nanti kita pada saat digunung. Logistik terdiri dari makanan, air dan sebagainya.

10. Peralatan Masak

Peralatan masak terdiri dari :
  • Kompor portable
  • Gas kaleng portable
  • Tempat air
  • Tempat atau wadah memasak : Nesting, Cooking set portable
  • Tempat makanan
  • Korek api atau pemantik

11. Senter/headlamp

Sebagai alat penerangan pada saat pendakian yang membantu perjalanan untuk mengatasi kondisi gelap. Jangan lupa membawa batrai cadangan.

12. P3k dan obat obatan

Ini sangat penting bawalah P3K dan obat obatan, serta bawalah juga krim otot/koyo untuk mengatasi jika terjadinya kram pada otot atau kesleo.

13. Peralatan tambahan
  • Alat navigasi : Kompas dan peta
  • Talkie walkie: sebagai alat komunikasi jika dalam kelompok banyak anggota saat pendakian
  • Traking pole/tongkat pendaki yang berguna menahan beban tubuh saat mendaki
  • Gaiter berguna untuk melindungi kaki dari ranting dan duri yang tajam,lintah dan mencegah kerikil atau pasir masuk kedalam sepatu
  • Pisau lipat dan alat multi tools yang berguna untuk menyelesaikkan beberapa masalah yang tak terduga

14. Kantung sampah/Trash bag
Trash bag digunakan sebagai tempat membawa turun sampah dari kegiatan kita saat pendakian. Jangan tinggalkan sampah kita digunung karena gunung bukan tempat sampah.Bawa kembali sampah anda turun kembali ya guys.

Sebagai tips Buatlah list daftar perlengkapan yang akan dibawa lalu kumpulkan dengan teliti,setelah itu cek kembali sebelum berangkat agar tidak ada barang yang tertinggal.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Daftar 14 Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)