-->

Tersesat dihutan? Jangan Panik! Inilah Tumbuhan yang Dapat Dimakan Untuk Bertahan Hidup


Tersesat dihutan? Jangan Panik! Inilah Tumbuhan yang Dapat Dimakan Untuk Bertahan Hidup

Tersesat dihutan? Jangan Panik! Inilah Tumbuhan yang Dapat Dimakan Untuk Bertahan HidupDalam berkegiatan di alam terbuka seperti hutan atau gunung, kemungkinan menghadapi situasi buruk bisa saja terjadi. Walaupun perencanaan sudah disusun dengan baik, kamu jangan lengah. Dialam bebas masih ada kemungkinan kamu menghadapi situasi buruk. Seperti Tersesat dihutan, cuaca buruk yang membuat perbekalan habis sehingga memaksamu harus survive. Lalu bagaimana saat perbekalan kita menipis? Jangan panik, di hutan terdapat sumber makanan yang bisa kamu manfaatkan. Baca Juga: 5 Hal Penting dalam Teknik Survival di Alam Bebas

Pengetahuan tentang botanical akan membantumu untuk mengetahui jenis tumbuhan yang dapat dikonsumsi. Secara garis besar terdapat 2 jenis tumbuhan yaitu tumbuhan yang bisa dimakan dan tumbuhan obat. Lalu apa saja tumbuhan yang dapat dikonsumsi saat situasi suvive di hutan? Berikut inilah tumbuhan yang dapat dimakan untuk bertahan hidup:

1. Cantigi

Tumbuhan ini tak asing dan sering kamu temui didaerah pegunungan. Biasanya cantigi hidup pada batas vegetasi antara hutan dan puncak gunung. Pohon cantigi mempunyai ciri ciri kayu yang keras, daun yang agak tebal dengan pucuk yang berwarna merah serta memiliki buah yang berwarna keunguan. Pucuk daun dan buah dari tumbuhan cantigi inilah yang dapat kamu manfaatkan sebagai sumber makanan. Memiliki khasiat sebagai obat demam, menambah stamina serta nutrisi untuk tubuhmu.

2. Arben
Arben hampir mirip dengan strawberry hutan yang memiliki warna merah menyala. Tumbuhan ini juga tumbuh pada daerah ketinggian. Biasanya pada saat kamu mendaki gunung akan menemui tumbuhan yang satu ini. Penampilan buahnya Hampir sama dengan buah strawberry, namun arben tidak padat karena memiliki bagian kosong pada dalamnya. Buah arben yang matang memiliki rasa yang manis dan asam. Buah yang satu ini nyegerin dan berkhasiat sebagai penghilang dahaga pada saat kondisi darurat.

3. Poh-pohan
Poh pohan juga sering kamu temui dilembahan atau hutan pada jalur pendakian. Tumbuhan ini berwarna hijau tua rasanya agak pahit. Biasanya tumbuhan ini sering digunakan sebagai lalapan atau sayur oleh masyarakat sunda.  Jangan salah petik, ciri khas tumbuhan ini memiliki aroma yang harum.

4. Begonia Robusta

Begonia robusta merupakan tumbuhan yang termasuk suku begoniace. Tumbuhan ini mempunyai 1803 jenis yang hidup pada dataran rendah sampai pegunungan. Memiliki ciri fisik daun tunggal dan batang yang berwarna keunguan. Bagian yang dapat kamu konsumsi dalah bagian batangnya. Pertama tama kamu bersihkan bagian kulitnya yang sedikit berbulu dan bisa langsung dimakan. Begonia ini rasanya asam asam nyegerin.

5. Selada air

Jika biasanya selada memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau muda, namun tidak pada selada air atau biasa disebut dengan watercrass. Tumbuhan ini memiliki daun yang kecil kecil dan biasanya berwarna hijau tua. Biasanya tumbuhan ini terdapat pada sandwich atau salad. Jangan salah lho, tumbuhan ini memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

6. Ciplukan
Ciplukan tumbuh liar yang bisa kamu temui di hutan tropis. Tumbuhan ini memiliki buah dengan cangkang yang berbentuk seperti balon hati yang didalamnya terdapat buah berbentuk bulat. Ciri ciri buah yang matang memiliki cangkang berwarna kuning. Buah bagian dalamnya yang dapat kamu konsumsi, Rasanya asam manis dan berair. Cocok untuk menyejukkan dan mengatasi dahagamu.

7. Alang alang

Alang alang merupakan jenis rerumputan liar biasanya memiliki batangnya panjang dengan pucuk berbulu. Bagian yang dapat kamu manfaatkan adalah bagian batang bagian bawah yang dekat dengan akar. Bisa kamu konsumsi dengan mengunyah langsung seperti menghisap sari dari batang tebu. Selain itu bagian akar juga dapat kamu manfaatkan dengan cara dibersihkan terlebih dahulu dan direbus lalu diminum airnya. Tumbuhan ini memiliki khasiat sebagai obat mimisan dan diare.

Beberapa tumbuhan diatas merupakan sebagian jenis tumbuhan yang dapat kamu temui dihutan. Sebenarnya masih banyak jenis tumbuhan yang dapat kamu konsumsi dihutani. Tapi lebih aman jika yang kamu konsumsi merupakan tanaman yang sudah familiar. Hal itu bertujuan untuk menghindari resiko keracunan.

Jangan lupa cari tau sebanyak banyaknya informasi tentang botani untuk mengetahui tumbuhan yang dapat kamu konsumsi atau sebagai obat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tersesat dihutan? Jangan Panik! Inilah Tumbuhan yang Dapat Dimakan Untuk Bertahan Hidup"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)