-->

9 Pelajaran Berharga Yang Bisa Kamu Petik dari Mendaki Gunung

9 Pelajaran Berharga Yang Bisa Kamu Petik dari Mendaki Gunung


Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan olahraga ekstrim yang membutuhkan fisik dan dan mental yang kuat. Selain itu mendaki juga mempunyai banyak resiko didalamnya bahkan mempertaruhkan nyawa. Jadi dalam kata lain mendaki gunung juga temasuk kegiatan yang berbahaya.

makanya kegiatan ini harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik seperti manajeman perjalanan, logistik, peralatan, fisik dan mental. Jadi buat kamu yang belum siap akan sangat riskan melakukan pendakian

Meskipun terkesan ekstrim, dalam pendakian gunung juga memiliki pelajaran hidup yang bermakna juga lhoo. Apa aja sih pelajaran berharga yang bisa kita petik dari mendaki gunung? Yuk simak dibawah ini berdasarkan pengalaman saya sebagai penulis sebagai berikut :

      1. Mendapat pengalaman baru sebagai bentuk evaluasi diri
Ada istilah “setiap gunung yang kau daki pasti akan mendapat cerita didalamnya”. Maksudnya adalah setiap perjalananmu tentu akan mendapat pengalaman pengalaman serta pelajaran hidup. Contohnya seperti pengalaman mendapat saat tekena badai, kehujanan, kepanasan, kelelahan, logistik habis dll. Hal itulah yang dijadikan sebuah pelajaran kehidupan berharga yang kedepannya dijadikan sebagai evaluasi diri.


      2. Menumbuhkan mental yang kuat
Dalam mendaki gunung bukan hanya fisik yang harus dipersiapkan, tetapi mental juga sangatlah penting. Hal inilah yang mendorong manusia mengerti konsekuensi yang diterima dalam sesuatu yang diperbuatnya. Maka dalam mendaki mental akan tumbuh kuat dari pengalaman pengalaman saat berada di alam.

      3. Belajar meningkatkan kepedulian terhadap sesama
Di gunung rasa tolong menolong terhadap sesama dijunjung tinggi dan sudah menjadi hal yang biasa. Gak peduli kenal apa engga, saat berpapasan saling menyapa dan memberikan semangat satu sama lain. Biasanya buat yang cewe cewe bakal dimanjain banget nih, masak dimasakin, lebih diperhatiin ciee bener gak nih? hehe.

  4. Mendaki gunung Membuat kita lebih pintar memanajemen sesuatu berdasarkan perencanaan
Saat ingin mendaki gunung, kita harus memanajemen perjalanan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang jika ingin berhasil. 

Misalnya, mempersiapkan logistik sesuai dengan berapa lama kita akan mendaki, ongkos transportasi, Peralatan pendakian, jalur yang akan diambil dan sebagainya. Percaya deh manajemen seperti ini bisa kita aplikasikan didalam kehidupan kita juga. Bagaimana kita ingin sesuatu, maka kita harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk mencapai tujuan tersebut.

      5. Belajar bersabar dan ikhlas
Cuaca di gunung tidak menentu, yang awalnya berekspetasi saat mencapai dipuncak ingin melihat pemandangan yang indah dan ber swafoto. Menjadi gagal akibat puncak yang sedang berkabut, terkadang membuat kecewa setelah apa yang telah diperjuangkan mencapai puncak.

Keadaan yang tidak memungkinkan seperti badai, kita atau teman mengalami cedera yang memutuskan harus membatalkan pendakian. Itu semua harus kita terima dengan ikhlas dan lapang dada sebab, dalam pendakian keselamatan adalah hal yang utama. Jika gagal, berfikir positiflah bahwa lain kali kita masih bisa kok mencobanya lagi.

      6. Menjadi pribadi yang lebih bersyukur kepada maha pencipta

Dari pengalaman saya pribadi sih saya merasa sangat bersyukur bisa menyaksikan keindahan alam yang diberikan oleh Allah SWT. Menginjakkan kaki diatas sini memang butuh perjuangan, mungkin banyak diantara orang yang kurang beruntung untuk menyaksikan kuasa Allah SWT.. Maka Sebaiknya bersyukurlah dalam keadaan apapun pada  hidupmu.

     7. Gunung mengajarkan bahwa tempat yang paling nyaman adalah dirumah
Meskipun gunung mempunyai keindahan yang luar biasa. Tujuan yang sebenarnya dari perjalanan adalah pulang kembali kerumah.

Dinginnya udara di gunung yang menusuk, makanan yang rasanya hambar, membuktikan bahwa salah satu tempat ternyaman sebenarnya ada dirumah.

     8. Kita bukan apa apa diatas sini, membuktikan tak perlu ada yang kita sombongkan
Diketinggian melihat bebatuan besar, jurang jurang serta kawah yang dalam membuat saya pribadi merasa takut. Kita tidak ada apa apanya diatas sini, bahkan uang tidak ada nilainya disini (ya meskipun banyak warung sih digunung sekarang).

Sangat angkuh orang yang berkata saya berhasil “menakhlukkan alam”. kita sangatlah kecil disana, Soo apa masih ada yang kita sombongkan dalam kehidupan?

      9. Mengasah keterampilan dan mencari solusi dalam permasalahan
Jika sebelumnya kita tidak bisa masang tenda, lama kelamaan kita bisa masang tenda. Tenda sudah jadi, tetapi saat hujan air rembes masuk. Akhirnya kita tau bahwa harus membuat saluran air disekitar tenda agar air tidak merembes. Tenda sudah jadi tapi angin terasa menerpa sangat kencang, dari situ kita tau bahwa jangan membangun tenda dengan pintu menghadap kearah angin.

Dari pokok permasalahan diatas kita belajar mencari solusi. Bahwa dalam pendakian mengajarkan kita bahwa, dalam kehidupan saat menemui permasalahan kita harus belajar, dan mencari jalan keluar untuk memecahkan permaalahan tersebut.

Mungkin itu beberapa pelajaran hidup yang bisa kita perik dari pendakian gunung, yang menurut pengalaman saya pribadi dapat dijadikan pelajaran berharga. Mungkin jika ada yang ingin menambahkan jangan sungkan menambahkan komentarnya di kolom komentar. Salam lestari.







Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Pelajaran Berharga Yang Bisa Kamu Petik dari Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)