-->

10 Manfaat Hiking Pada Kesehatan Tubuh Yang Jarang Orang Tau


10 Manfaat Hiking Pada Kesehatan Tubuh Yang Jarang Orang Tau


Sekarang ini banyak orang hobi liburan bertema outdoor  yang lebih dekat dengan alam. Alam mempunyai banyak manfaat serta keindahan yang telah diberikan untuk dinikmati makhluk hidup, termasuk manusia. Karena keindahannya, Alam juga menjadi salah satu tujuan liburan banyak orang untuk melepas penat serta rasa bosanan dengan aktifitas dikota.

Salah satunya hiking, salahsatu liburan yang banyak digemari banyak kalangan saat ini. Selain liburan, hiking juga merupakan salah satu kegiatan olahraga di alam. Bicara olahraga, sudah pasti dibaliknya mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. 
Lalu apa saja manfaat hiking? Berikut manfaat hiking pada kesehatan tubuh :

      1.       Membuat tubuhmu sehat

Udara pegunungan atau perbukitan yang masih bersih dari polusi tentu sangat baik. Hal itu akan membuat tubuhmu segar serta mood akan menjadi lebih baik dengan melihat pemandangan yang indah. Dengan perasaan yang senang dan udara yang segar tentu akan membuatmu merasa lebih baik deh pastinya.


      2.       Hiking sebagai aktifitas olahraga

Dengan berolahraga sangat baik untuk kesehatan tubuhmu, salah satunya dengan aktifitas hiking sebagai media olahraga. Hiking akan membuat tubuhmu bergerak dan terhindar dari segala macam penyakit

      3.       Memperkuat otot otot kakimu

Kalau biasanya kamu mau kemana mana menggunakan kendaraan. Saat hiking tentunya akan menggunakan kakimu untuk mendaki. Hal itu yang akan membuat otot kaki lebih berasa, dan akan memperkuat otot otot kaki serta memperkuat tulangmu lho.
      
      4.       Meningkatkan daya tahan dan juga stamina tubuhmu

Aktifitas hiking tentu membutuhkan fisik, tenaga yang besar serta daya tahan tubuh untuk menjalaninya. Yang pastinya jika anda lebih sering melakukan kegiatan hiking, tubuh akan menjadi terbiasa. Jika tubuhmu sudah terbiasa maka stamina dan daya tahan tubuhmu akan meningkat.

      5.       Meningkatkan kerja paru-paru dan jantung

Hiking merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan banyak tenaga. Salah satu manfaat kesehatannya adalah meningkatkan kapasitas kerja paru-paru dan jantung. Istilahnya hiking dapat memperkuat paru-paru dan jantung kita. Lalu jika kapasitas kerja paru-paru dan jantung meningkat apa yang akan terjadi? NIh buat kamu yang belum tau, hal itu akan :

-meningkatkan suplai oksigen dan peredaran darah
-memperkecil resiko stroke dan serangan jantung 
-serta terhidar dari berbagai macam penyakit


      6.       Menurunkan berat badanmu juga loh

Berat badan turun tentunya menjadi idaman buat kamu yang ingin punya bentuk tubuh ideal.  Hal ini bisa didapat dengan kamu melakukan hiking loh. Karena dengan melakukan hiking, kalori dalam tubuh yang terbakar akibat aktifitas yang berat. Tapi ada syaratnya nih, sehabis hiking jangan makan nasi sebakul yaa nanti yang ada badan kamu malah melar hehe.

      7.       Sebagai tempai relaksasi dan moodbooster

Saat melakukan hiking sudah pasti berlatar alam/outdoor. Alam dapat mempengaruhi emosi seseorang dengan caranya sendiri. Seperti kedamaian, suara air terjun,  udara yang sejuk, suara merdu burung yang dapat memanjakan seseorang. Dengan cara cara tersebut seseorang akan merasa nyaman dan dapat menjadi media relaksasi, yang tentunya akan membuat moodmu jadi lebih baik. Mood yang baik akan berpengaruh pada kesehatan tubuhmu juga lho.

      8.       Hiking dapat mengurangi resiko terkena diabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang kelebihan kadar gula darah yang tinggi diatas normal karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin. Tanpa insulin sel tubuh tidak dapat mengolah glukosa menjadi energi.
Menurut kedokteran, diabetes dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat seperti olahraga. Nah jadi hiking merupakan salah satu media olahraga yang akan mencegah diabetes apabila rutin dilakukan.

      9.       Hiking bisa membuat tulang tubuhmu kuat dan mencegah osteoporosis

Dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis hal yang bisa dilakukan adalah berjemur sinar matahari, membiasakan jalan kaki, naik turun tangga. 3 hal tersebut yang sangat melekat dalam kegiatan hiking.

Dalam kegiatan hiking sudah pasti kamu menggerakan kaki untuk berjalan yang biasanya mencapai puncak bukit atau gunung dan menuruninya kembali. Serta terik matahari yang biasanya menemani saat diperjalanan atau dipuncak. Nah jadi dengan tulang yang padat akan mencegah osteoporosis.


      10.   Mengurangi tingkat stres seseorang

Rasa jenuh, penat dan sebagainya dalam kehidupan sehari hari akan menyebabkan stres yang akan berpengaruh pada tubuh. Pikiran pada otak yang mempengaruhi tingkat stres akan berkurang bila kamu melakukan hiking. Karena pemandangan serta keindahan alam akan membuatkamu rileks dan membuat pikiranmu menjadi tenang.

Nah jadi udah pada tau kan manfaat manfaat apa aja yang didapat dari kegiatan hiking? Sungguh banyak serta bermanfaat pada kesehatan tubuh kita apalagi rutin melakukannya.

Alam sudah memberikan keindahan serta manfaat didalamnya. Oleh karena itu sebaiknya kita harus menjaga kelestariannya dan tidak merusak alam. Setelah apa yang kita dapat Jangan membalasnya dengan merusaknya, yang seperti pribahasa “ air susu dibalas dengan air tuba ”. 
Salam lestari.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Manfaat Hiking Pada Kesehatan Tubuh Yang Jarang Orang Tau"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)