-->

Cara Menentukan Tempat Camping Yang Bagus Saat Mendaki Gunung


Cara Menentukan Tempat Camping Yang Bagus Saat Mendaki Gunung


Kegiatan mendaki gunung kini menjadi salah satu hobi yang banyak digemari banyak kalangan. Banyak nilai positif yang didapat pada Kegiatan ini seperti, pengalaman, keindahan alam, hangatnya kebersamaan dalam persahabatan.

Dalam mendaki gunung tak lengkap rasanya kalau tidak berkemah/camping. Berkemah/camping mempunyai banyak manfaat, diantaranya seperti : tempat istirahat saat pendakian, menikmati alam, bercengkrama dengan teman pendakian serta kegiatan memasak.

Dalam berkemah harus diperhatikan posisi tempat yang akan menjadi tempat berkemah mu. Menentukan tempat untuk membangun tenda yang tepat akan sangat berpengaruh pada faktor keamanan serta kenyamanan. Berikut cara menentukan tempat camping yang tepat untuk membangun tenda saat mendaki gunung :

      ·         Jangan membangun tenda pada jalur pendakian karena hal itu akan menggangu serta membahayakan pendaki yang hendak lewat.

      ·         Carilah arah angin yang sedang berhembus dari arah mata angin ditempat yang ingin dibangun tenda. Untuk menentukan arah angina, anda bisa memperhatikan tumbuhan atau pohon kemana arah gerakannya. Atau bisa jua membuat Wind cone  (alat pendeteksi arah angina yang biasa ada pada bandara) dengan menancapkan tongkat serta tali rapiah yang diikatkan pada kantung plastik.
      
      ·         Pesiapkan tenda yang akan dibawa dalam kondisi yang bersih dan kering. Tentu saja kebersihan bertujuan untuk kenyamanan saat kita beristirahat.

     ·         Carilah tempat yang datar untuk tempat mendirikan tenda. Tempat yang datar untuk faktor kenyamanan anda saat tidur. Jika tempat yang anda pilih tidak rata, tentu hal itu akan menyebabkan ketidaknyamanan yang akan mengganggu istirahatmu. 

      ·         Hindari tempat ngecamp atau berkemah dekat sungai. Dikhawatirkan jika membangun tenda dekat sungai akan kebanjiran jika sewaktu air meluap. Selain itu suara berisik dari aliran air dan terdapat berbagai binatang

      ·         Bersihkan tempat yang akan dibangun tenda dari kerikil dan ranting. Hal ini dilakukan agar tidak membuat tubuhmu sakit saat beristirahat didalam tenda.

      ·         Buat saluaran air yang baik pada tanah disekitar keliling tenda dengan mengeruk tanah. Tujuan adalah agar saat hujan tenda tidak kebanjiran, karena air hujan mengalir pada saluran air

      ·         Kumpulkan pasak sisa tenda kedalam kantung dan letakkan didalam tenda agar tidak hilang dan mudah dicari saat dibutuhkan.

      ·         Bawalah flysheet  untuk lapisan tambahan terluar pada tenda. Yang akan melindungi lebih extra tendamu dari air hujan. Harap perhatikan flysheet jangan sampai menempel pada tenda, berikan jarak agar air tidak merembes kedalam tenda.

Itulah beberapa cara menentukan tempat yang bagus untuk membangun tenda saat berkemah. Barangkali kamu ingin menambahkan jangan sungkan berkomentar di kolom komentar.

Sumber gambar : https://pixabay.com/id/



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menentukan Tempat Camping Yang Bagus Saat Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)