-->

Tips Mudah Memilih Tenda Yang Tepat Untuk Mendaki Gunung


Tips Mudah Memilih Tenda Yang Tepat Untuk Mendaki Gunung


Saat melakukan pendakian gunung, banyak orang memilih ngecamp untuk tempat singgah sementara untuk perjalanan menuju puncak. Biasanya kegiatan ini dinamakan ngecamp/camping, dengan membangun tenda untuk tempat istirahat, memasak seru seruan bersama teman, dan menikmati keindahan suasana alam. 

Tentunya untuk ngecamp saat mendaki gunung diperlukan tenda yang sesuai dengan karakteristik gunung yang akan didaki. Tenda harus tahan terhadap angin yang kencang serta hujan yang biasa terjadi digunung.

Dalam memilih tenda, terdapat beberapa spesifikasi agar kegiatan camping kita nyaman dan aman. Oleh karena itu harus perhatikan beberapa spesifikasi pada tenda yang akan anda gunakan. Berikut spesifikasi tenda yang tepat untuk mendaki gunung :       
  •          Tentukan jenis tenda apa yang akan dibawa saat ngecamp. Tenda jenis lorong, pramuka, jenis tarp, atau jenis dome. Serta berapa kapasitas tenda untuk memuat jumlah orang dalam tim dan agar kita tau berapa tenda yang harus dibawa. Biasanya dalam membeli tenda akan dijelaskan kap 2/ kap 4, kap 5-6 "kap" itu ada lah kapasitas orang yang dapat ditampung dalam tenda.  Saat ini Tenda yang populer dikalangan pendaki adalah tipe tenda dome. Tenda jenis dome selain praktis, juga sangat cocok pada karakteristik gunung. 
  •        Usahakan tenda kamu mempunyai spesifikasi double layer . Disebut double layer  karena mempunyai dua lapisan, yaitu lapisan inner  (dalam) dan lapisan outer  (luar). Karena tenda jenis ini mampu berdaptasi dengan panas dan hujan serta cocok dengan kondisi di gunung.

  •        Pilih bahan tenda yang mempunyai bahan terpal pada bagian alas, serta bahan nylon pada bagian luarnya dan bagian dalamnya berbahan katun. Hal itu dilakukan agar bagian dalam yang bersifat bernafas (breathable) namun bagian dalam tidak anti air. Serta bagian luar yang bersifat anti air (waterproof) . Jadi tenda yang mempunyai double layer bersifat breathable serta waterproof.
  •         Bentuk tenda akan mempengaruhi terhadap ukuran berat tenda. Pilihlah tenda yang mempunyai bentuk aerodinamis agar air mudah melewati tenda. Hindari bentuk yang memiliki cekungan karena saat terkena hembusan angin, maka angin akan menabrak dan terjebak. Hal itu yang biasanya membuat tenda bergoyang goyang bahkan membuat frame tenda patah dan pasak yang lepas.

  •        Lapisan luar dan dalam tenda  usahakan mempunyai jarak yang terpisah jangan sampai saling menempel. Karena lapisan luar dan dalam yang langsung menempel bisa menyebabkan bagian dalam ikut basah. Sebab lapisan yang luar basah akibat terkena hujan akan merembes kebagian dalam tenda.
  •          Pilihlah tenda yang mempunyai teras pada bagian muka tenda. Hal ini berfungsi untuk menyimpan barang barang atau tempat untuk memasak pada saat cuaca yang tidak baik.
  •          Mempunyai pasak tenda yang kuat serta ringan agar tidak terlalu berat saat dibawa.
  •       Sebaiknya tenda yang anda gunakan mempunyai dua pintu pada bagian sisinya untuk kenyamanan.
Dalam memilih tenda terdapat hal yang mutlak yaitu "ada harga ada kualitas". Maka sebaiknya  sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

sumber gambar : https://pixabay.com/id/


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mudah Memilih Tenda Yang Tepat Untuk Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)