-->

Pentingnya Manajemen Perjalanan Untuk Persiapan Pendakian Gunung

Pentingnya Manajemen Perjalanan Untuk Persiapan Pendakian Gunung




Melakukan perjalanan di alam terbuka atau berkegiatan di alam terbuka mempunyai banyak faktor resiko. faktor resiko tersebut dapat ditimbulkan dari faktor internal yaitu pada diri kita sendiri contohnya: perilaku yang diperbuat dan faktor eksternal yaitu: kondisi pada lingkungan sekitar.

Manajemen perjalanan sangat penting dilakukan apalagi ingin mendaki gunung yang kegiatannya dilakukan pada alam terbuka. Dengan Memanajemen perjalanan maka kita dapat merencanakan kegiatan kita saat mendaki dengan terorganisir dan terinci.

Perlu diketahui, Manajemen perjalanan yaitu kegiatan yang dilakukan sekelompok orang dalam suatu kerjasama dengan merencanakan atau menggunakan sumberdaya dan seluruh fasilitas yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien

Dengan melakukan manajemen perjalanan untuk persiapan pendakian gunung, kita dapat meminimalisir faktor resiko pada saat mendaki yaitu sebagai berikut :

  • Perencanaan Pendakian
Lakukanlah persiapan segera mungkin dan membuat rencana kegiatan yang berisikan kegiatan kegiatan yang akan dilakukan dengan cara :

  • Pemilihan lokasi
Tentukan lokasi tujuan pendakian yang sesuai dengan kemampuan, serta waktu yang akan dibutuhkan selama kegiatan pendakian. Pilihlah lokasi jalur resmi lebih dianjurkan, karena memang sudah diperuntukkan untuk berkegiatan pendakian dan lebih aman karena biasanya jalurnya sudah jelas dan tidak terlalu memasuki habitat satwa liar serta mempunyai fasilitas yang menunjang, seperti tanda papan penunjuk jalan untuk meminimalisir tersesatnya pendaki, serta adanya pos pos checkpoint untuk istirahat dan membangun tenda.
  • Mengumpulkan Data Informasi
mencari informasi tentang kondisi lokasi yang dituju dengan cara mengumpulkan informasi di internet atau menghubungi langsung pihak pengelola gunung dengan menanyakan informasi cuaca, kondisi medan dan jalur pendakian.
  • Ketahui Pontensi Bahaya
Dengan mengetahui dan mempersiapkan diri dari kemungkinan bahaya dan resiko yang akan terjadi saat pendakian seperti jalur tanah berakar yang licin atau bebatuan, melewati aliran sungai/air terjun yang licin serta serangan hewan liar seperti adanya sarang lebah yang terdapat pada jalur yang akan dilewati
  • Latihan Fisik
Latihan fisik penting dilakukan untuk persiapan diri menghadapi sebuah perjalanan. Latihan fisik dapat dilakukan sebelum pendaian dengan cara olahraga atau lari pagi seta melakukan peregangan tubuh dengan cara melakukan peregangan statis atau dinamis.

  • Pemilihan Peralatan
Pilihlah peralatan pendakian yang sesuai dengan lokasi gunung yang dituju agar menunjang perjalanan dalam pendakian
  • Bekal atau logistik
Bekal atau biasa disebut logistik sangat penting dan perlu disesuaikan dengan memperhatikan : Waktu pendakian,jumlah anggota pada kelompok,lokasi yang dituju.
  • Pemimpinan Kelompok
Dalam melakukan perjalanan yang berkegiatan di alam bebas dibutuhkan seorang pemimpin yang bisa bertanggung jawab dalam kepemimpinannya dalam suatu kelompok, agar perjalanan berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Kepemimpinan adalah sikap dan perilaku seseorang yang bisa mengontrol kelompok agar bisa bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan yang disepakati bersama. Saat menunjuk seseorang sebagai pemimpin kelompok yang perlu diperhatikan adalah :

Memahami apa yang harus dilakukan sebagai pemimpin dan menentukan dengan arah tujuan

Sadar akan kemampuan yang dimilikinya sehingga dapat mempertimbangkan berbagai hal

Komunikasi yang baik dengan menyampaikan segala informasi dengan pertimbangan reaksi kelompok
terhadap pengaruh yang diinformasikan

Toleransi kepada setiap anggota kelompok untuk mengeluarkan pendapatnya masing masing dan bijak menghargai setiap perbedaan pendapat yang mungkin terjadi

Pengambilan keputusan
 Mampu membuat suatu keputusan atas kondisi yang sedang dialami dengan pertimbangan pengaruh keputusan yang dibuatnya

  • Packing
Packing atau pengepakan bertujuan untuk menata logistik serta peralatan kedalam carrier/daypack dengan baik dan benar guna kenyamanan saat membawanya dalam pendakian.

Dengan melakukan manajemen perjalan kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi suatu perjalanan dan meminimalisir resiko serta bahaya dan hahal hal yang tidak diinginkan



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Manajemen Perjalanan Untuk Persiapan Pendakian Gunung"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)