-->

Cara Mendaki Gunung Yang Baik Agar Aman

Cara Mendaki Gunung Yang Baik Agar Aman


Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan outdoor  yang dilakukan di alam bebas yang membutuhkan fisik dan mental yang prima. Kegiatan ini juga merupakan olahraga ekstrim yang menguras banyak energi karena dalam pendakian akan melewati medan medan yang berat dan tidak biasa seperti dalam kehidupan sehari hari, belum lagi resiko bahaya yang banyak penyebabnya.

Sebagai pendaki sudah seharusnya mempersiapkan segala hal jika ingin mendaki gunung. Jangan menganggap remeh persiapan karna bisa berakibat fatal. Namun didalam artikel ini yang akan dibahas adalah cara mendaki gunung yang baik bagi pemula atau siapa saja agar nyaman dan sukses dalam pendakian ,yaitu sebagai berikut :

  • Mengetahui Cuaca


Cari informasi tentang berita cuaca di Gunung yang akan didaki,bisa dengan aplikasi berita cuaca di internet atau menghubungi langsung petugas pengelola untuk menanyakan kabar cuaca disana

  • Ketahui Medan Yang Akan Dilalui

Memilih jalur resmi yang aman sesuai dengan kemampuan, Bagi pemula sebaiknya memilih jalur pendakian dengan medan yang tidak terlalu susah dan berat. Cari informasi di internet tentang kondisi trek yang akan dilewati. 

Sebaiknya ada teman yang berpengalaman mendaki gunung tersebut pada tim.

  • Mematuhi Peraturan Dan Memperhatikan Intruksi Petugas Pengelola


Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan seharusnya anda Mematuhi Peraturan yang dibuat untuk pendakian,memperhatikan intruksi dari pengelola taman nasional gunung yang didaki. Mereka pasti sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang gunung tersebut.

  • Berjalan Dengan Baik


Atur ritme saat berjalan, jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat. Sebisa mungkin konsisten dan tidak perlu terburu buru karena akan menghabiskan banyak tenaga dan cairan dalam tubuh.

  • Pastikan Pijakan Aman Untuk Dilewati


Hal inilah banyak yang menyebabkan cidera karena salah mengambil pijakan, akibatnya tergelincir kalau salah mengambil pijakan karena trek akar yang licin,bebatuan yang rapuh, dan tanah yang licin. Kalau ada pendaki di depan, anda bisa mengikuti pijakan yang dilewatinya dengan baik. Pastikan pijakan anda aman untuk dilewati.

  • Istirahat Sejenak Jika Sudah Lelah


Berhenti dan istirahatlah sejenak jika tubuh sudah lelah itu penting. Jangan memaksakan tubuh untuk terus bekerja, karena jika dipaksakan bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi dan cedera. Istirahat di tempat yang datar dan sebaiknya alaskan tubuh dengan matras agar suhu dingin tidak menyerap ke tubuh,jangan menekuk kaki bertujuan untuk mencegah kram.
Istirahat juga jangan terlalu lama karena akan menyebabkan tubuh kedinginan. Jangan malu untuk meminta istirahat kepada rekan atau tim.

  • Atur Nafas Dengan Baik


Sebaiknya Hiruplah nafas melalui hidung dan mengeluarkan nafas lewat mulut. Bernafas dengan mengikuti  irama berjalan, sesekali mengambil nafas dengan pelan lalu keluarkan dengan pelan juga. Mengatur nafas itu penting untuk menjaga konsentrasi saat mendaki.

  • Konsentrasi Saat Mendaki


Dalam mendaki perlu konsentrasi dan focus agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Perhatikan sekitar jangan sampai lengah agar tidak terjadi kecelakaan dan keluar dari jalur pendakian.

  • Jangan Selalu Mengeluh


Sebaik nya anda jangan mengeluh saat mendaki karna akan menjatuhkan mental dan psikis, akibatnya tubuh akan terasa sangat lelah karena pikiran yang sudah down.

  • Jangan Keluar dari Jalur Pendakian


Jangan keluar dari jalur pendakian atau membuka jalur baru. Selalu tetap pada jalur yang sudah di tetapkan pihak petugas sebagai jalur pendakian. Bertujuan agar tidak tersesat dan tidak merusak alam dengan membuka jalur baru.

Diatas adalah beberapa cara mendaki gunung yang baik.Kegiatan mendaki sebaiknya dilakukan dengan persiapan yang matang dan hindari kecerobohan. Selalu perhatikan keselamatan diri pada saat pendakian. Bagian sukses pada mendaki gunung yang sebenarnya adalah Pulang kerumah dengan selamat .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mendaki Gunung Yang Baik Agar Aman"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)