-->

Dehidrasi Saat Mendaki Gunung Bisa Berbahaya ! Begini Cara Mengatasi & Mencegahnya


Dehidrasi Saat Mendaki Gunung Bisa Berbahaya ! Begini Cara Mengatasi & Mencegahnya



Dehidrasi merupakan suatu gejala yang sering dialami seseorang saat mendaki gunung. Dehidrasi mempunyai dampak buruk bagi seorang penderitanya. Apalagi bagi yang sedang melakukan pendakian gunung, seperti hilangnya konsentrasi, cepat lelah dan pusing yang akan membahayakan.

Lalu apakah ada cara untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi berlebih saat mendaki gunung? Kali ini Expedisigunung akan menjelaskan tips untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi saat kita mendaki gunung.

      1.       Minum air yang cukup

Sebelum melakukan pendakian atau kegiatan fisik lain, sebaiknya kita sudah cukup mengkonsumsi air. Konsumsi air mineral sekitar 15 atau 20 menit sebelum mendaki sekitar 250 ml air atau anda bisa menyesuaikan. Hal itu dilakukan agar tubuhmu sudah cukup akan cairan sebelum melakukan 
pendakian.

      2.       Mengatur waktu yang tepat saat minum

Atur waktu yang tepat untuk minum air untuk kebutuhan cairan tubuhmu dan untuk mengatasi dehidrasi. Saat haus anda bisa meminum air 1 teguk setiap setengah jam, atau sesuai kondisi dan kenyamanan anda.

      3.       Minum perlahan saat haus

Saat haus biasanya banyak orang langsung meminum air secara berlebih untuk mengatasi rasa hausnya. Padahal meminum air dengan terburu buru tidak baik dan akan menyebabkan perut kembung. Hal itu akan menyebabkan tubuhmu akan merasa ingin buang air kecil. Sebaiknya minumlah air saat haus dengan sedikit demi sedikit namun teratur. Hal ini juga bermanfaat untuk 
menjaga persediaan air kamu dari perilaku pemborosan.


      4.       Minum air mineral yang tidak mengandung gula

Konsumsi air yang mengandung gula akan menyebabkan tubuh terhalang dalam menyerap cairan. Selain itu, konsumsi air yang mengandung gula akan menghasilkan banyak air kencing yang akan menjadi penyebab dehidrasi.

      5.       Konsumsi  makanan yang mengandung air

Untuk meredakan dehidrasi anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung air seperti buah buahan. Buah buahan yang mengandung banyak air diantaranya seperti melon, tomat, semangka.
      
      6.       Letakkan botol minum yang mudah dijangkau pada ranselmu

Hal ini dilakukan agar memudahkanmu saat haus yang mudah untuk dijangkau saat sedang melakukan pendakian. Selain itu juga agar kita tidak repot membongkar tas yang akan membutuhkan waktu dan tenaga.

7.    Manajemen air

Sebaiknya cari tau sumber air pada gunung yang akan kamu daki. Hal itu bertujuan agar kamu mudah memanajemen dan memperhitungkan stok air yang akan kamu bawa, dan tidak kekurangan air yang akan menyebabkanmu dehidrasi.

Itulah beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Biasanya apa yang kalian lakukan saat terserang dehidrasi waktu mendaki gunung nih?

sumber gambar: https://pixabay.com/id/




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dehidrasi Saat Mendaki Gunung Bisa Berbahaya ! Begini Cara Mengatasi & Mencegahnya"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)