-->

Simpel dan mudah! Inilah 8 daftar makanan yang perlu dibawa untuk mendaki gunung



Simple dan mudah! Inilah 8 daftar makanan yang perlu dibawa untuk mendaki gunung 



Untuk melakukan sebuah pendakian diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang nih gansist. logistik termasuk point utama dalam persiapan pendakian, salah satunya adalah bahan makanan yang akan dibawa untuk mendaki gunung. Persipan logistik yang baik merupakan salah satu faktor penunjang keselamatan dan keberhasilan dalam pendakian. Seorang pendaki gunung membutuhkan sekitar 5000 kalori dan 70 gram protein setiap harinya. Sumber tenaga utama adalah karbohidrat sebab jumlah tenaga yang akan dikeluarkan akan sangat banyak, Sedangkan sumber protein sebaiknya tidak berlebihan karena akan menyebabkan banyak kencing dan cepat lelah. Untuk itu nilai gizi juga perlu diperhatikan ya gansist. Makanan siap saji merupakan salah satu pilihan karena dalam penyajiannya yang cepat, ringkas dan mudah diperoleh.

Nah Bagi kalian yang bingung akan makanan makanan apa saja yang akan dibawa saat mendaki gunung. Expedisigunung akan memberikan tips nih "Simpel dan mudah! Inilah 7 daftar makanan yang perlu dibawa untuk mendaki gunung" cekidot.

  1. Roti

Roti merupakan salah satu makanan penghasil karbohidrat sebagai sumber tenaga dan kalori yang tinggi. Roti juga termasuk makanan langsung saji yang mudah untuk dikonsumsi, selain itu makanan ini juga mengenyangkan karena mengandung gula kompleks. Makanan ini dikonsumsi biasanya saat tracking siang hari karena kita tidak perlu mengeluarkan makanan yang harus dimasak. Jangan lupa membawa makanan yang satu ini ya gansist karena roti sangat bermanfaat.

     2. Coklat

Entah kalau ngomongin makanan yang satu ini pendakian menjadi terasa mewah *maklum biasanya Cuma nyemilin gula merah. Coklat memiliki kadar kalori yang terbilang tinggi yang berfungsi sumber energi.  Karena kandungan kalorinya itulah coklat sebagai cemilan yang banyak digunakan sebagai “Doppingan” istilahnya.

      3. Beras/Nasi

Sebagai orang Indonesia, nasi sudah mendarah daging pada tubuh kita. Orang Indonesia “belum makan” namanya klo belum makan nasi karena nasi merupakan budaya makanan kita. Nasi juga sumber karbohidrat sebagai sumber tenaga untuk menunjang kegiatan kita. Kalian bisa memasak beras sendiri, atau kalau tidak mau repot bisa anda membeli nasi pada saat dibawah. Jika anda membungkus/membeli nasi dari bawah pastikan nasi sudah dingin baru dibungkus agar tidak basi.

      4. Biskuit
Sama seperti roti, biskuit juga temasuk makanan yang praktis untuk dimakan,biasanya bersama teh,kopi atau susu. Makanan praktis diperlukan agar kita tidak membuang waktu diperjalanan Karena mempersiapkan peralatan masak dan bongkar carrier jika kita belum ngacamp. Jadi, makanan seperti roti dan biskuit ini jangan sampai ketinggalan yaa gansist.


     5, Mie instan

Apakah gansist suka membawa mie instan? rata rata pastinya iyaakan? Hayoo hehe. Memang iyasih makanan yang satu ini sangat digemari oleh banyak orang karena praktis dan instan. tetapi ingat gansist, jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok. Makanlah mie instan jika memang tidak memungkinkan memasak nasi. Sebaiknya mie instan dibawa hanya sebagai makanan cadangan,Kenapa? Karena dengan mengkonsumsi mie instan akan membuat kita cepat mudah haus selain itu gizinya pun rendah. Bijaklah memakan mie instan ya gansist.

     6. Lauk pauk dan sayur

Lauk dan sayur sangat dibutuhkan untuk menunjang gizi kita selama pendakian. Selain itu, Keberadaan lauk pauk dan sayur akan membuat makan kita berselera. Biasanya ane kalau mendaki untuk lauk dan sayur membawa ikan sarden kalengan, tempe,sosis dan juga sayur sayuran tergantung sesuai selera. Jika gansist bingung untuk memasak sayur, gansist bisa memakai bumbu dapur instan yang banyak dijual diwarung warung.

     7. Buah-buahan

Bawalah buah buahan sebagai sumber air dan vitamin. Buah akan terasa menyegarkan apalagi saat kita mendaki. Buah yang gansist bisa bawa seperti : Jeruk,apel,sirsak atau strawberry sesuai kesukaaan dan tidak memakan banyak ruang.

     8. Bubur gandum

Banyak olahan gandum instant saat ini seperti queker oats, havermut dll. Memang sih rasanya hambar mungkin banyak diantara kalian yang tidak suka, tapi makanan ini bisa untuk mengganjal perut sementara jika memang belum memungkinkan untuk memakan nasi. Bubur gandum juga bisa sebagai cadangan makanan jika sewaktu waktu kita telat untuk turun gunung.

Nah itu dia gansist tips simpel dan mudah untuk memilih 8 daftar makanan yang perlu dibawa untuk mendaki gunung rekomendasi expedisigunung. Semua kembali pada selera masing masing yaa gansist tapi perhatikan kandungan gizi pada makanan tersebut. Terima kasih sudah berkunjung.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Simpel dan mudah! Inilah 8 daftar makanan yang perlu dibawa untuk mendaki gunung"

Posting Komentar

Ada yang ingin kamu tanyakan?

expedisigunung

Iklan Tengah Artikel 1(tautan)

Iklan Tengah Artikel 2(gambar)

Iklan Bawah Artikel(tautan)